Wednesday, May 30, 2012

Teori Asal Usul Kehidupan di Bumi

      Secara umum, teori asal usul kehidupan ada dua, yaitu abiogenesis (makhluk hidup berasal dari benda mati) dan biogenesis (makhluk hidup brasal dari makhluk hidup juga). Teori Abiogenesis dikemukakan oleh Aristoteles. Teorinya mengatakan bahwa makhluk hidup yang pertama menghuni bumi ini adalah berasal dari benda mati. Timbulnya makhluk hidup pertama terjadi secara spontan karena adanya gaya hidup. Oleh karena itu paham abiogenesis disebut juga generatio spontanea. Teori ini diperkuat oleh Antonie Van Leeuweunhoek. Teori Biogenesis dikemukakan oleh Francesco Redi, Lazzaro Spallanzani, Louis Pasteur.
      Di samping dua teori tersebut, masih ada lagi beberapa teori tentang asal usul kehidupan. Beberapa teori yang dikembangkan ilmuan antara lain : teori kreasi khas  yang menyatakan bahwa kehidupan diciptakan oleh zat supranatural (gaib) pada saat yang istimewa, teori kosmozoan yang menyatakan bahwa kehidupan yang ada di planet ini berasal dari mana saja, teori evolusi biokimia yang menyatakan bahwa kehidupan ini muncul berdasarkan hukum fisika, kimia, dan biologi, teori keadaan tetap yang menyatakan bahwa kehidupan tidak berasal usul.
         Beberapa ilmuan yang membuktikan teori evolusi kimia antara lain: Harold Urey berpendapat bahwa kehidupan terjadi pertamakali di udara (atmosfer) , Stanley Miller, dan Alexander Oparin berpendapat bahwa kehidupan pertama terjadi di cekungan pantai dengan bahan-bahan timbunan senyawa organic dari lautan.


No comments:

Post a Comment