Sunday, April 6, 2014

Pengertian Psikoterapi

 Istilah “psikoterapi” berasal dari dua kata, yaitu “psiko atau psyche” dan “terapi”. “Psiko” berarti kejiwaan atau mental dan “terapi” berarti penyembuhan atau usada. Jadi psikoterapi dapat diartikan sebagai “usada jiwa atau usada mental”.
Selain itu, berikut adalah definisi psikoterapi menurut para ahli:
1.      Wohlberg
Psychotherapy is the treatment by psychological means of the problems of an emotional nature in which a trained person deliberately establish a proffesional relationship with the patient with the object of:
- removing, modifying or retarding symptom
- mediating disturbed patterns of behavior
- promoting positive personality growth and development

2.      Corsini
Menurut Corsini, psikoterapi adalah proses interaksi formal 2 pihak (2 orang atau lebih), bertujuan memperbaiki keadaan yang tidak menyenangkan (distres) pada salah 1 pihak karena tidak berfungsinya atau ketidakmampuan pada fungsi kognitif, afeksi atau perilaku, dengan terapis berusaha mengembangkan memelihara atau mengubahnya dengan menggunakan metode2 sesuai pengetahuan & skill, serta bersifat profesional & legal”.
Psikoterapi adalah proses difokuskan untuk membantu Anda menyembuhkan dan konstruktif belajar lebih banyak bagaimana cara untuk menangani masalah atau isu-isu dalam kehidupan Anda. Hal ini juga dapat menjadi proses yang mendukung ketika akan melalui periode yang sulit atau stres meningkat, seperti memulai karier baru atau akan mengalami perceraian.
Umumnya psikoterapi dianjurkan bila seseorang bergulat dengan kehidupan, masalah hubungan atau kerja atau masalah kesehatan mental tertentu, dan isu-isu atau masalah yang menyebabkan banyak individu yang besar rasa sakit atau marah selama lebih dari beberapa hari. Ada pengecualian untuk aturan umum, tetapi sebagian besar, tidak ada salahnya untuk pergi ke terapi bahkan jika Anda tidak sepenuhnya yakin Anda akan mendapat manfaat dari itu.
Definisi secara tepat memang agak sulit diberikan. Hanya saja secara umum dapat dikatakan bahwa: psikoterapi atau usada jiwa atau usada rasa atau usada mental adalah proses formal interaksi antara dua pihak atau lebih. Yang satu adalah profedional penolong dan yang satu adalah oran yang ditolong dengan catatan bahwa interaksi itu menuju pada perubahan atau penyembuhan. Perubahan itu dapat berupa perubahan rasa, pikir, perilaku, kebiasaan yang ditimbulkan dengan adanyatindakan profesional penolong dengan latar belakang ilmu perilaku dan ilmu-ilmu usada yang dikembangkannya.
Pada dasarnya, metode psikoterapi adalah wawancara tatap muka perorangan, tetapi dalam praktek banyak variasi teknik psikoterapi, tergantung pada teori yang mendasarinya dan jenis masalah yang sedang dihadapi klien .

Ada beberapa jenis psikoterapi, diantaranya adalah:
1.      Psikoanalisis
2.      Hypnoterapi
3.      Terapi kelompok
4.      Terapi bermain
5.      Psikodrama
6.      Terapi humanistik
7.      Terapi perilaku
8.      Terapi perilaku kognitif
9.      Terapi seni
10.  Konseling

Sumber:
http://blog.uin-malang.ac.id/members/jackliss/activity/69690/

No comments:

Post a Comment