Thursday, February 2, 2012

Beberapa Definisi Tentang Kebudayaan oleh Budayawan Luar Indonesia

  1. RALPH LINTON, Latar Belakang Kebudayaan dari pada Kepribadian, terjemahan Fu'ad Hasan, Jakarta, 1962, h.29. ialah: "Suatu kebudayaan adalah konfigurasi dari pada tingkah laku yang unsur-unsur pembinanya dimiliki bersama dan dilanjutkan oleh anggota-anggota masyarakat tertentu. Iatilah konfigurasi mengandung arti bahwa bermacam-macam tingkah laku dan hasil-hasil dari pada tingkah laku yang menyusun suatu keseluruhan yang berpola.
  2. T. S. ELLIOT, Notes toward the definition of culture, London, 1948. "Culture may even be described simply as that which makes life worth living" (secara sederhana dapatkah kultur itu dilukiskan sebagai: sesuatu yang membuat hidup ini lebih baik lagi).
  3. PJ. ZOETMULDER. "Meninjau masalah kultur". Basis Majalah Kebudayaan Umum, XV-1, Oktober 1964. h.7-8. Inti pengertian kultur: Memperkembangkan kekuatan-kekuatan alam kearah tertentu. Menurut susunan tertentu pula dengan hasil tercapainya tingkatan yang lebih tinggi dari pada tingkatan yang ingin dicapai andaikata kekuatan alam itu dibiarkan berkembang dengan sendirinya begitu saja. Hanya ada satulah yanf dapat mengembangkan dan membina kekuatan alam tersebut yakni manusia dengan akal budinya.

Sumber: Diktat Perkuliahan Pendidikan Agama Islam PA1 Universitas Gunadarma

No comments:

Post a Comment